Khatib Al-Akbar Ingatkan Muslim Bertakbir-Bersyukur

Khatib Shalat Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriah di Masjid Al-Akbar KH Ali Masyhuri mengingatkan dan mengajak muslim di Indonesia untuk selalu bertakbir dan bersyukur kepada Allah SWT.

"Takbir berarti mengagungkan Allah dan mengecilkan apa-apa selain Allah. Sering umat bertakbir dalam ibadah-ibadahnya, tetapi melupakannya di luar itu, seperti di luar saat ibadah mereka mengagungkan kekayaan, kekuasaan dan hawa nafsunya," ujarnya, Minggu.

Selain itu, pengasuh Pondok Pesantren Bumi Sholawat Sidoarjo tersebut menyampaikan bahwa bersyukur merupakan sarana memanfaatkan dan memelihara karunia-Nya.

"Dengan hati yang bersyukur akan memperkuat dan memantapkan kebaikan dan menghasilkan kebaikan yang belum ada," ucap Gus Ali, sapaan akrabnya.

Pada pelaksanaan Shalat Id, Gubernur Jatim Soekarwo beserta Istri, Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf beserta istri, tokoh-tokoh agama, tokoh masyarakat dan puluhan ribu jamaah hadir di masjid yang mampu menampung lebih dari 60 ribu jamaah tersebut.

Bertindak sebagai imam adalah H. Abdul Hamid Abdullah yang sehari-harinya adalah Imam Besar Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya.
Khatib Al-Akbar Ingatkan Muslim Bertakbir-Bersyukur
Sementara itu, usai pelaksanaan Shalat Id, Pakde Karwo dan Gus Ipul beserta tokoh masyarakat lainnya menyempatkan untuk bersalaman dengan jamaah yang hadir sekaligus bersilaturahim dan saling memaafkan.

"Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin," kata Pakde Karwo yang didampingi Gus Ipul sembari bersalam-salaman.

Di sisi lain, pantauan di beberapa titik di Surabaya lalu lintasnya ramai dan cenderung dipadati kendaraan roda dua yang hendak bersilaturahim, seperti di kawasan Kecamatan Semampir dan Kenjeran.

Sedangkan, di beberapa tempat pemakaman umum juga terpantau ramai didatangi warga yang berziarah usai Shalat Id. (*)

https://jatim.antaranews.com/lihat/berita/200327/khatib-al-akbar-ingatkan-muslim-bertakbir-bersyukur

0 komentar:

Posting Komentar