Besok, Shalat Gerhana Berjamaah di Masjid Al-Akbar Surabaya

Besok, Shalat Gerhana Berjamaah di Masjid Al-Akbar Surabaya
Dalam almanak hisab Lembaga Falakiyah PWNU Jawa Timur, terjadi gerhana bulan pada Rabu, 31 Januari 2018, mulai pukul 18:48 hingga 22:11 WIB. Menyambut fenomena alam tersebut, LFNU Jawa Timur bekerja sama dengan Masjid Nasional Al-Akbar akan menggelar Shalat Gerhana dan melihat fenomena alam dan kebesaran Allah itu secara langsung.

Dalam Shalag Gerhana Bulan kali ini, KH Abdusshomad Buchori, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur bertindak sebagai imam sekaligus khatibnya. Kiai Abdusshomad juga dikenal sebagai Imam Besar Masjid yang dikelola Pemerintah Provinsi Jawa Timur tersebut.

"Gerhana bulan dapat disaksikan dari seluruh wilayah Indonesia dari awal hingga tengah malam. Dapat juga disaksikan di negara-negara Asia lainnya, juga Australia, Amerika Utara dan Tengah," kata Sekretaris LFNU Jatim A. Afif Amrullah, dalam siaran pers diterima ngopibareng.id, Selasa (30/1/2018).

Lembaga Falakiyah akan menyiapkan teropong yang secara langsung bisa mengintip aktivitas gerhana bulan. Menurut Afif, hal itu dilakukan karena pengamatan gerhana bulan bagian dari syiar agama, edukasi dan kajian ilmu pengetahuan, khususnya tentang ilmu falak atau lmu astronomi.

Shalat sunah Gerhana Bulan akan dilakukan setelah Shalat Isya berjamaah. Shalat Gerhana Bulan akan dilakukan secara berjamaah dan diimami KH Abdul Hamid Abdullah dan khotib KH Abdussalam Nawawi.

"Shalat Gerhana Bulan disunnahkan secara berjamaah dan dilakukan setelah Shalat Isya, sunah lainnya adalah perbanyak sedekah," pungkas Afif. (adi)
https://www.ngopibareng.id/timeline/besok-shalat-gerhana-berjamaah-di-masjid-al-akbar-surabaya-1042520

0 komentar:

Posting Komentar