NU Jatim Gelar Shalat Gerhana Bulan Berjamaah di Masjid Nasional Al Akbar

NU Jatim Gelar Shalat Gerhana Bulan Berjamaah di Masjid Nasional Al AkbarJatim Newsroom– Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) melalui Lajnah Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) Jawa Timur menggelar shalat gerhana bulan secara berjamaah di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya. Gerhana bulan total diperkirakan terjadi pada Rabu, 31 Januari 2018 besok, bertepatan dengan 14 Jumadil Awal 1439 Hijriah.

Sekretaris LFNU Jatim, Afif Amrullah, Selasa, (30/1) di kantor PWNU Jatim mengatakan gerhana bulan termasuk fenomena langka karena bulan berada di posisi terdekat dengan bumi, sehingga ukuran bulan terlihat lebih besar. Selain sebagai hiburan dan pengetahuan, gerhana bulan juga menjadi momentum untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT.

“Shalat Gerhana Bulan disunnahkan secara berjamaah dan dilakukan setelah Shalat Isya, sunah lainnya adalah perbanyak sedekah. Shalat gerhana bulan akan dipimpin oleh Imam Besar Masjid Al Akbar KH Abdul Hamid Abdullah dan khotib akan disampaikan oleh KH Abdussalam Nawawi Pakar Ilmu Falak dan Dosen UIN Sunan Ampel Surabaya,” terangnya.

Ia mengungkapkan gerhana bulan dapat disaksikan dari seluruh wilayah Indonesia dari awal hingga tengah malam. Fenomena supermoon juga dapat disaksikan di negara-negara Asia, Australia, Amerika Utara dan Amerika Tengah.

“di Jawa Timur, proses keseluruhan gerhana terjadi selama 3 jam 23 menit yaitu antara 18:48:22 sampai 22:11:11WIB. Adapun durasi gerhana total terjadi selama 1 jam 16 menit yaitu antara 19:51:42 sampai 21:07:51 WIB,” tandasnya. (luk)

http://kominfo.jatimprov.go.id/read/umum/nu-jatim-gelar-shalat-gerhana-bulan-berjamaah-di-masjid-nasional-al-akbar

0 komentar:

Posting Komentar