Ribuan Orang Padati Masjid Al Akbar Saksikan Gerhana Bulan

Masyarakat Surabaya tak ingin kehilangan momen fenomena gerhana bulan total. Salah satu spot yang dijujuki warga adalah Masjid Al Akbar Surabaya. Sejak Rabu (31/1) sore, masjid terbesar di Jawa Timur itu sudah didatangi ribuan orang.
Gerhana Bulan
Berdasar pantauan JawaPos.com di Masjid Al Akbar, Tim Falakiyah Nahdlatul Ulama Jatim telah menyiapkan teropong khusus untuk memantau pergerakan gerhana bulan tersebut.

Sekretaris Lembaga Falakiyah NU Afif Amrullah mengatakan bahwa mendung tebal sempat menjadi kendala untuk melihat gerhana. Hujan memang sempat mengguyur Kota Pahlawan sekitar pukul 16.00 WIB. Namun selang satu jam kemudian sudah reda. "Tadi memang sempat terkendala hujan. Tapi Alhamdulillah gerhana sudah bisa terpantau," jelas Afif.
Afif melanjutkan, sesuai perhitungan astronomis, bumi mulai menghalangi cahaya matahari ke bulan sekitar pukul 18.48 untuk WIB. Gerhana total di langit Surabaya diprediksi akan terjadi pada pukul 20.29 WIB. "Akhir gerhana pada jam 22.11 WIB," lanjutnya.

Tim Falakiyah sendiri memakai teropong canggih buatan jerman. Teropong tersebut bergerak secara otomatis mengikuti bulan. "Peralatan kami bisa mengunci objek bulan. Beberapa waktu lalu sudah dites, daya tangkapnya cukup terang sampai guratan bulan terlihat," tegas Afif.

Masjid Al Akbar sendiri akan menggelar salat gerhana. Salat gerhana akan ditunaikan usai salat Isya. Salat gerhana itu akan dipimpin oleh Imam Besar Masjid Al Akbar Surabaya Abdul Hamid Abdullah. Selain itu, juga akan diselenggarakan istigosah.

Baharudin Ahmad, salah seorang warga asal Jambangan yang mendatangi masjid Al Akbar mengaku ingin menyaksikan langsung sekaligus mengucap rasa syukur. Dia datang bersama istri dan kedua anaknya.

"Sudah tahu sebelumnya kalau ada salat gerhana di sini. Sangat bersyukur karena bisa menyaksikan langsung gerhana bulan, makanya saya ajak keluarga untuk salat di sini," katanya.
https://www.jawapos.com/read/2018/01/31/185308/ribuan-orang-padati-masjid-al-akbar-saksikan-gerhana-bulan


0 komentar:

Posting Komentar